Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 29 Juli 2014

Bergesernya Waktu


shifting time
sumber gambar:
 http://www.club.cc.cmu.edu/

Perubahan itu adalah sebuah keniscayaan. Begitulah mungkin penjelasan yang tepat mengapa perubahan kian terasa. Dulu, waktu kecil ku sering bertanya: mengapa orang-orang dewasa begitu membosankan? Mengapa orang dewasa senang menggunakan cincin dengan batu permata?

Dua pertanyaan ini yang setidaknya membuatku sadar bahwa waktu telah bergeser dan membawaku pada posisi sebaliknya. Untuk setiap pertanyaan telah mampu ku jawab sendiri. Terlepas dari benar dan salahnya. Kehidupan orang dewasa tampaknya memang membosankan, tidak ada lari-larian, kejar-kejaran dengan teman-teman dan tidak ada hal-hal yang dulu tampak sangat menggembirakan bagi anak-anak. Hal yang baru ku sadari ternyata adalah dinamika kehidupan yang membuat hidup orang dewasa lebih terasa hidup dan jauh dari kata membosankan. Menjadi dewasa berarti tampak lebih tenang dari penampakan fisik tetapi lebih dinamis dari segi mental. Dulu, aktivitas orang dewasa yang hanya duduk-duduk dan bertukar cerita tampak sangat membosankan bagiku tetapi saat ini ku tau bahwa yang membuatnya lebih hidup adalah isi dari ceritanya. Pada akhirnya ku sadari bahwa menjadi dewasa berarti membuat hidup menjadi lebih kompleks.

Hal lain yang berubah adalah sikap terhadap benda tertentu. Dulu, cincin dengan permata yang dipakai oleh orang dewasa tampak sangat tidak "modis" bagiku. Aku tak akan mau menggunakan cincin yang sangat tidak elok itu pikirku. Seiring berjalannya waktu ternyata persepsi itu pun berubah. Sekarang ku mulai menggunakan cincin dengan permata zamrud hijau yang tampak indah bagiku. Ku sadari pula bahwa bukan hanya karena keindahan zamrudnya yang membuatku tertarik melainkan juga pengetahuan, mitos dan keyakinan dibaliknya. Ya, sekali lagi ku sadari bahwa hidup semakin kompleks. Hidup bukan lagi hanya tentang apa yang terindrai dari sebuah materi tetapi juga tentang makna dibaliknya.

Sekarang tinggal menunggu waktu menjawab sekian banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya tetang menjadi dewasa.

Sengkang, 29 Juli 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
 
Blogger Templates